6 Soft Skill yang Harus Dimiliki di Era Digital

Perubahan saat ini terjadi sangat cepat, terutama dalam hal penggunaan teknologi. Ini sangat berdampak pada perubahan bisnis di seluruh dunia. Penggunaan teknologi pun sudah memasuki bidang-bidang di perusahaan berupa otomatisasi berbagai aktivitas rutin maupun yang baru.

Pada dasarnya hal ini memang dilakukan untuk memudahkan melalui pemanfaatan teknologi. Namun, ada hal yang esensial dan tidak bisa diganti oleh mesin maupun teknologi, yaitu manusia, dimana kemampuan individu untuk membangun hubungan dengan orang lain, memahami, dan mempertahankannya. Maka itu, perlu dilakukan peningkatan kompetensi soft skill untuk menghadapi berbagai perubahan, Kompetensi hard skill (teknis) perlu dikombinasikan dengan kompetensi soft skill (perilaku) yang mumpuni.

Ada 6 soft skill dasar yang dibutuhkan pelaku bisnis dan pekerja di era digital saat ini, yaitu:

  1. Pengelolaan Waktu

Banyak sekali aktivitas yang ingin dilakukan, namun bingung mana yang akan dieksekusi terlebih dahulu. Melalui penentapan prioritas “First Thing First” inilah semua aktivitas ada yang akan diselesaikan terlebih dahulu dibandingkan yang lain.

  • Motivasi

Di era digital ini pekerja merasa semakin banyak kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan maupun kehidupan pribadi yang menjadikan penurunan motivasi. Butuh dorongan kuat dari dalam diri dan lingkungan sekitar untuk mengembalikan kekuatan dalam mencapai tujuan-tujuannya, melalui upaya kegigihan yang tinggi dan kesabaran.

  • Pengendalian Emosi

Dibutuhkan kemampuan menyadari dan mengendalikan emosi dengan baik, seperti kesadaran akan emosi diri dan melakukan tindakan yang benar dalam pengelolaannya, kemudian berempati terhadap kondisi rekan kerja / orang lain, agar hubungan interpersonal semakin lancar, sehingga mudah menjalin kerjasama yang kuat dengan tim ataupun rekan bisnis.

  • Komunikasi Yang Efektif

Aktivitas yang sukses dalam perusahaan maupun kehidupan sehari-hari adalah ketika terjalinnya komunikasi dan koordinasi yang efektif, sehingga terbangun soliditas tim dan mampu bekerjasama dalam meraih prestasi. Komunikasi efektif mencegah segala macam hambatan dan masalah pekerjaan. Tanpa disadari yang paling pandai membangun komunikasi, sangat erat kaitan dengan kemampuannya “menjual”.

  • Berpikir Kreatif dan Inovatif

Saat ini kemampuan berpikir kreatif dan inovatif sangat dibutuhkan oleh semua kalangan, termasuk perusahaan. Memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif  dapat memudahkan untuk menghadapi dan mengendalikan perubahan bisnis, serta mampu mempercepat dalam menemukan solusi dari setiap tantangan dan perubahan yang dihadapi.

  • Keterampilan Presentasi

Keterampilan presentasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan kemampuan yang sudah disebutkan sebelumnya, karena kemampuan presentasi ini menekankan pada kepercayaan diri dalam mengkomunikasikan berbagai macam hal secara aktif dan persuasif. Saat ini perusahaan membutuhkan pekerja yang memiliki keterampilan dalam presentasi, sebagai bentuk menjual ide, maupun menujukan kreativitas dan inovasinya kepada para stakeholder. Jadi untuk meminimalisir terjadinya kegagalan bisnis dan pekerjaan ada baiknya hal-hal seperti pemaparan diatas perlu diperhatikan, Pelatihan soft skill dapat menjadi salah satu pilihan, karena mngembangkan keahlian soft skill dapat berdampak positif untuk membangun perubahan yang lebih baik dalam dunia kerja dan bisnis.

Jadi tunggu apalagi, segera kembangkan dan tingkatkan kemampuanmu, Asia Leader siap membantu kebutuhan pelatihan Anda, dimana kami telah membantu ribuan perusahaan profesional untuk membangun dan mengembangkan kompetensi soft skill dengan metode Experiental Learning, dengan memiliki para fasilitator yang ahli dibidangnya serta berpengalaman.