Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Sebuah komunikasi akan berjalan secara efektif apabila kedua pengirim dan penerima memahami informasi yang sama, sebagai hasil dari komunikasi.

Dalam proses komunikasi, setiap komunikator memiliki gaya tersendiri dalam berkomunikasi. Beberapa gaya dalam komunikasi yang perlu kita pahami dalam menciptakan komunikasi efektif adalah sebagai berikut:

  1. Agresif

Orang yang menggunakan gaya agresif dalam berkomunikasi cenderung memiliki ciri dominan, kasar, intimidatif dan tidak melihat situasi dan kondisi lawan bicara dalam menyampaikan aspirasi. Selain itu gaya komunikasi agresif kerap menimbulkan konflik dan ketidakpahaman dalam menerjemahkan isi komunikasi.

  1. Pasif

Perilaku ini cenderung menerima saja bagaimana kondisi yang diberikan oleh eksternal dalam berkomunikasi. Enggan mengeluarkan pendapat demi menghindari konflik dan biasanya kurang cakap dalam menyampaikan tujuan komunikasi.

  1. Asertif

Kemampuan sesorang dalam mengungkapkan pandangan maupun perasaan secara terbuka, langsung dan sopan. Gaya ini sangat diperlukan ketika kita ingin mengembangkan Interpersonal Skill dalam situasi kerja yang produktif.  Penguasaan gaya ini akan banyak menolong ketika ada potensi konflik yang bisa saja terjadi dalam sebuah proses komunikasi.

  1. Pasif Agresif

Perilaku seseorang untuk menyampaikan kekecewaaan atau rasa marah secara tersirat atau tidak langsung. Biasanya sikap ini didorong oleh rasa takut atau enggan untuk mengungkapkan emosi negative secara langsung.

  1. Manipulatif

Sebuah sikap merekayasa dengan melakukan penambahan, penghilangan atau pengkaburan terhadap bagian atau keseluruhan sebuah kenyataan didasari oleh rancangan nilai yang benar.