Oversharing atau bisa disebut sebagai perilaku seseorang yang terlalu banyak membagikan informasi pribadi ke social media ataupun orang lain. Namun tidak semua hal boleh di-share di media sosial, apalagi hal menyangkut dengan perusahaan tempatmu bekerja. Bahkan, salah sedikit dalam meng-upload sesuatu, bisa mengancam masa depan karirmu. Berikut 3 hal yang tidak perlu dishare di social media menurut AsiaLeader:

  1. Rahasia perusahaan

Karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan pasti sudah terikat sebuah kontrak atau kesepakatan peraturan yang sudah disepakati kedua belah pihak dan hal tersebut wajib ditaati dengan menjaga nama baik dan rahasia perusahaan. Gunakan social media secara bijak dengan tidak mem-posting atau membagikan foto atau video yang memperlihatkan dokumen-dokumen apapun berisi data perusahaan. Jika rahasia perusahaan bocor atau dikonsumsi publik bahkan kompetitor akan dapat merugikan perusahaan baik secara materil dan non-materil.

  1. Data pribadi karyawan, atasan atau klien perusahaan

Pada dasarnya keamanan data pribadi seseorang dilindungi oleh undang-undang. Bila kita bekerja di perusahaan yang menjual produk atau jasa pelayanan, mulailah untuk lebih berhati-hati dalam bersikap terutama untuk tidak membagikan data pribadi seperti data pribadi rekan kerja, atasan dan klien.

  1. Jangan Mengunggah Keluhanmu di Social Media

Hindari memosting apapun yang menjadi keluhan kita di kantor di social media.
Mungkin perusahaan tempat bekerja saat ini tidak sesuai dengan harapanmu. Mulai dari atasan yang kurang baik, pekerjaan yang begitu banyak atau peraturan pekerjaan yang kurang sesuai. Namun, membagikan semua itu di social media tidaklah bagus bagi dirimu dan jejak karir mu ke depan.

Itu lah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat kita menggunakan social media terkait pekerjaan. Dan terpenting, cobalah hindari posting sesuatu yang memiliki risiko yang fatal bagi kamu dan kehidupan karirmu.