Stres kerja adalah respon yang dimiliki seseorang ketika dihadapkan dengan tuntutan dan tekanan kerja yang tidak sesuai dengan kesiapan terkait pengetahuan maupun kemampuannya dalam menghadapi situasi pekerjaan.

Stress di lingkungan kerja menjadi hal yang wajar dan pasti akan ditemui. Namun hal ini tidak boleh dianggap enteng, karena jika tidak ditangani secara cepat dan serius akan merugikan bagi perusahaan karena kinerja dari karyawannya menurun, serta mempengaruhi kesehatan karyawan yang menghambat efektifitas pencapaian target pekerjaan.

Sebagai karyawan, yang dituntut pencapaian target pekerjaan, maka jika tidak siap dengan kondisi tersebut akan menjadikannya stres. Stres kerja juga dapat membuat pekerja menjadi lebih waspada dan merasa terbebani. Ketika karyawan tidak mendapat dukungan dari atasan, rekan kerja, dan kesadaran untuk mengelola stres yang baik, maka stres akan semakin memburuk.

Lalu stres jenis apa saja yang dihadapi karyawan di tempat kerja? berikut AsiaLeader beri informasinya untuk kamu:

  1. Stres Akut

Stres akut merupakan kondisi kesehatan mental jangka pendek, kondisi yang dihadapi oleh seseorang yang memiliki stres akut adalah kecemasan, mengalami mimpi buruk, tekanan pekerjaan dan juga traumatis masa lalu.

  1. Burn Out

Burn out adalah kondisi di mana karyawan merasa lelah secara fisik, mental, dan emosional karena pekerjaannya. Saat mengalami stres yang berkepanjangan dan konsisten, jika tidak segera ditangani akan mengakibatkan beberapa gejala yang serius. Dimana penderitanya akan mengalami suasana hati negatif, kurang motivasi, dan depresi.

  1. Stres karena rasa takut

Sebagai pekerja ada kalanya memiliki ketakutan ketika diberikan tugas dengan tanggung jawab yang besar apalagi jika hal tersbut berkaitan dengan pengambilan keputusan yang memiliki konsekuensi besar dan ketakutan tersebut menyebabkan stres.

Jika kita mendapati stess yang didasarkan rasa takut, cobalah untuk berdiskusi dengan rekan kerja yang dapat dipercaya atau atasan. Dukungan dari rekan kerja atas keputusan yang diambil akan membuat kita merasa tidak terbebani dan membuat beban stress berkurang.